Thursday, September 20, 2018
Apekecoh Media

Mengapa Rokok Membatalkan Puasa dan Inhaler Tidak Membatalkan Puasa

admin@apekecoh 31st May 2017 Gossip Comments Off on Mengapa Rokok Membatalkan Puasa dan Inhaler Tidak Membatalkan Puasa

Image result for Inhaler Tidak Membatalkan Puasa?

Pertanyaan:

Assalamu`alaikum. Saya mau tanya kepada Ustadz, yaitu mengaparokokdinyatakan membatalkan puasa daninhalertak membatalkanpuasa, padahal keduanya sama-sama masuk melalui hidung dan pernapasan serta tak masuk saluran makan dan minum? Mohon penjelasan Ustadz.Jazakallah khairan.

Jawaban:

Loading...

Waalaikumussalam.
Rokoktermasuk benda yang haram untuk dikonsumsi. Tentang hukum haramnya, tidak diragukan lagi. Orang yang merokok ketika berpuasa maka puasanya batal. Sebabnya, karena asaprokokmengandung banyak kumpulan zat yang masuk sampai ke perut dan lambung.

Syekh Muhammad bin Utsaimin ditanya tentang hukum mencium minyak wangi. Beliau menjawab, Diperbolehkan menggunakan minyak wangi di siang hari bulan Ramadan dan boleh menciumnya, kecuali dupa. Tidak boleh menghirup bau dupa, karena asap dupa memiliki banyak zat yang bisa masuk ke lambung, dan dupa merupakan asap. (Fatawa Islamiyah, 2:128)

Asap rokok semisal dengan dupa; keduanya mengandung banyak zat. Hanya saja, keduanya berbeda hukumnya. Dupa hukumnya halal dan baik, sedangkan rokok hukumnyaharamdan buruk.

Para ulama mengistilahkan merokok dengan syurbud dukhan (minum asap). Mereka menyebutnya dengan syurbun (minum).Tidak diragukan lagi bahwa asap rokok sampai ke lambung dan ke perut, sementara semua yang dimasukkan dan sampai ke perut dengan sengaja maka membatalkan puasa, baik benda itu bermanfaat maupun membahayakan. Sebagaimana ketika ada orang yang menelan biji tasbih atau potongan besi dengan sengaja, puasanya batal. Tidak disyaratkan harus makan dan minum yang membatalkan puasa harus mengenyangkan atau memberi manfaat kesehatan. Setiap yang dimasukkan ke perut dengan sengaja maka bisa dinamakan makan atau minum. (Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin, Fatawa Shiyam, no. 203 dan 204)

Sumber : konsultasisyariah.com

via Bin Usrah

Sumber: gengviral

–> Klik jika rasa post ini patut dibuang

Loading...

Like this Article? Share it!

About The Author

Comments are closed.